APA PENYEBAB ANAK TERLAMBAT BERJALAN ?

mohon maaf sudah lama sekali saya tidak upload artikel nih... maklum banyak kesibukan..

sedikit curhat tentang aktifitas saya di tempat terapi ya mom..

Suatu hari sorang pasien datang dengan kondisi digendong oleh ayahnya. Si anak berumur 8 tahun. Tetapi dia hanya bisa berbaring saja. Ketika ditidurkan diatas matras, dia tampak mengalami kaku dan tak bisa mengontrol geraknya. Dari pemeriksaan yang dilakukan, si anak di diagnosa Cerebral Palsy .

Cerebral palsy, seperti kasus diatas adalah salah satu factor penyebab seorang anak mengalami keterlambatan berjalan. Delayed walking atau keterlambatan berjalan adalah suatu kondisi dimana seorang anak belum mengalami fase berjalan yang seharusnya sudah bisa dia lakukan.

1.   Adanya mutasi tingkat kromosom.
Selain cerebral palsy, down syndrome adalah contoh mutasi tingkat kromosom yang menyebabkan seorang anak mengalami keterlambatan berjalan. Selain itu, kelainan anatomi tubuh seperti flat foot dan dislokasi sendi panggul tak jarang juga akan menyebabkan keterlambatan berjalan pada anak.

2.   Gangguan Sistem sensoris
Pada kasus tertentu, anak sering mengalami sensitif pada telapak tangan dan kaki. Sehingga hal ini mengakibatkan anak sering jinjit. Meskipun bukan karena kelainan anatomis. Selama ini, orangtua menganggap hal itu adalah memang perilaku anak. Pada anak dengan gangguan sensoris raba biasanya disertai gangguan sensoris suara dan cahaya. Biasanya anak takut dan tidak nyaman ketika mendengar suara dengan frekuensi tertentu seperti suara blender, suara bayi atau sensitive terhadap sinar yang menyilaukan seperti cahaya matahari.

3.   Gangguan keseimbangan
Gangguan keseimbangan ini biasanya ditandai dengan anak takut saat berenang, menaiki mainan yang bergerak dan bergoyang seperti ayunan, mainan kuda-kudaan listrik dengan koin, suka naik lift atau eskalator. Bila berjalan terburu-buru, gerakannya canggung, mudah tersandung atau jatuh. Biasanya juga disertai keterlambatan membaca, menulis, berbicara, dan persepsi visual yang khas.

4.   Gangguan motoris
Dr. Peter Greenspan, Direktur Medis di Rumah Sakit Umum Anak Boston mengungkapkan, "Jika seorang anak mengalami delayed walking, dia juga biasanya akan mengalami keterlambatan duduk."

 “Anak yang belum bisa duduk pada usia 10-11 bulan, kemungkinan akan mengalami terlambat berjalan,"
ujar Dr. Greenspan.

Gangguan motoris bisa terjadi karena kurangnya motivasi dari orang tua untuk berjalan sehingga anak lebih nyaman untuk berbaring atau tengkurap saja.









Apa yang harus dilakukan orang tua?

Jika terjadi keterlambatan si kecil dalam berjalan, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah memastikan adanya gangguan persarafan dengan melakukan pemeriksaan neurologis, penilaian terhadap fleksibilitas sendi, kekuatan otot dan berbagai gerakan.
Kami fisioterapi dapat memeriksakan anak anda, dan memberikan terapi yang akan membantu anda untuk menemukan penyebab masalah keterlambatan berjalan pada anak anda.


Sources :



sekian artikel PENYEBAB ANAK TERLAMBAT BERJALAN
terimakasih :)

Komentar

Postingan Populer