GOLDEN PERIOD ATAU GOLDEN AGE

Selamat pagi pembaca, kembali lagi di blog abk center.

Di era modern sekarang banyak orang tua yang lalai. Lalai? Maksutnya gimana ya?
Iya, lalai, mereka lalai dalam optimalisasi perkembangan anak saat masa golden age. sehingga anak sampai mangalami ganguan bicara , hiperaktif , belum bisa bicara , speech delay, bahkan autis
jadi apa itu Golden age?  jika tidak di perhatikan anak sampai mangalami ganguan bicara , hiperaktif , belum bisa bicara , speech delay, bahkan autis??
Dari pada bingung dan bertanya-tanya, yuk siapkan waktu dan simak artikel berikut ini J

Golden age


http://cdn.blackenterprise.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2015/04/Mother-baby-childcare-infant620480-300x232.jpg

Golden age atau periode emas adalah periode kritis bagi anak-anak, dimana pertumbuhan dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, sampai dewasa. Karenanya periode emas ini hanya datang sekali untuk dimanfaatkan secara optimal.
Menurut  penelitian seorang ahli perkembangan dan perilaku anak asal Amerika Seeikat, Berry Brazelton, menununjukkan bahwa tahun pertama adalah masa krusial kehidupan anak. Pada masa ini, akan  menentukan akankah saat dewasa nanti ia mampu menghadapi tantangan, memiliki semangat belajar tinggi, dan berhasil dalam pekerjaan. Dalam kajian lain diungkapkan bahwa, sekitar 50 % kapabilitas kecerdasan manusia terjadi ketika anak berumur 4 tahun. 80 % telah terjadi ketika berumur 8 tahun, dan mencapai titik puncak ketika anak berumur sekitar 18 tahun.
Berdasarkan keterangan diatas menunjukkan bahwa tahun awal pertumbuhan adalah yang paling berpengaruh bagi pertumbuhan selanjutnya. Tapi nyatanya, di zaman sekarang orang tua lebih memilih membiarkan anaknya tanpa pengawasan, tanpa kedekatan dengan orang tua, atau bahkan hanya memberikan gadget  pada anak supaya anak bisa tenang.


*dokumen pribadi* suasana terapi anak di marvel kid's dengan kak aini :)

Berikut ini beberapa tips agar para orang tua bisa mengoptimalkan masa golden age dengan baik :
1. BANYAKLAH BERPERAN DALAM DUNIANYA
Ini adalah zaman keemasan eksplorasi untuk anak Anda. Peran Anda pada tahap ini adalah untuk menjadi peserta atau pengamat, penyedia mainan, dan penyedia pujian untuk kinerja baik yang ditunjukkan anak Anda. Beri permainan yang bervariasi, yang memuat unsur seperti edkuasi, belajar mengenal angka, mengenak warna atau bahkan permainan yang menantang agar kelak dia mempunyai daya juang dansemangat dalam mengerjakan sesuatu.
 2. . BERILAH PUJIAN DENGAN TEPAT
Berilah pujian setiap kali Balita anda meraih hal yang baru. Hal ini membantu mengembangkan kecerdasan bawaan balita dan kemampuan mereka. Anak-anak yang dipuji karena upaya mereka di awal kehidupan cenderung bekerja lebih keras dan tidak mudah menyerah.
3. PERHATIKAN PERKEMBANGANNYA
Bermain dengan anak Anda memperkuat hubungan baik jiwa maupun raga. Sel-sel otak bayi terus bertambah banyak ketika mereka berjalan, memanjat, menyentuh, merasakan, memanipulasi, melempar, dan dan melakukan percobaan dengan benda-benda bersama Anda atau siapapun yang menyayanginya. . Anak Anda ingin menjelajahi dunia, sebagaimana ia bergerak dengan cepat dan menghilang dari pandangan. Sehingga, sangat penting bagi Anda untuk menyediakan rumah yang aman bagi anak-anak.  Jangan kaget jika anak anda terkesan tidak mau diam, karena mereka dalam tahap belajar mengenal lingkungan sekitarnya, seperti layaknya orang sedang belajar, mereka akan eksplor terhadap apa yang menarik bagi mereka. Jadi tetap sabar dalam menghadapi anak anda ya pembaca J
4. KETAHUI ILMU TENTANG OTAK
Otak anak Anda tumbuh seperti spons selama tiga tahun pertama hidupnya. Selama periode kritis ini jalur saraf tipis tumbuh di dalam otak. Jalur-jalur ini laksana kabel yang menghubungkan dan membawa impuls listrik dari sel otak satu ke sel otak lainnya. Jaringan yang dihasilkan, yang tumbuh setiap hari di otak muda, membentuk dasar neurologis dari keterampilan yang akan digunakan anak Anda untuk sisa hidupnya. Pengalaman setelah lahir, dalam hubungannya dengan gen anak Anda, menentukan kualitas kabel di masa dewasa. Koneksi yang ada menantikan pengalaman baru yang membentuk jaringan saraf untuk bahasa, penalaran, pemecahan masalah, dan nilai-nilai moral. Pengalaman baru membangun dan menciptakan pola-pola baru serta jaringan untuk belajar lebih banyak. Koneksi yang digunakan berulang kali akan menjadi permanen. Sedangkan koneksi yang tidak digunakan akan dibuang.
5. BERIKANLAH DIRI ANDA, BUKAN GADGET
Anak-anak mengingat pengalaman yang memiliki komponen emosional. Lembut, penuh kasih yang menyenangkan dikombinasikan dengan bahasa responsif dari Anda menciptakan suasana belajar untuk tumbuh subur. Itulah mengapa, sangat penting bagi Anda untuk membuat ikatan dengan anak Anda dalam kegiatan tersebut. Lakukan hal bersama-sama demi meningkatkan pembelajarannya. Dengan memberikan diri Anda secara penuh akan lebih bermanfaat daripada membiarkan anak bermain sendiri dengan mainan berteknologi tinggi seperti tablet, video game, dan tv.
6. BELAJARLAH DARI ORANG TUA LAIN
Mengobrol dengan tetangga dan saudara untuk mengetahui bagaimana cara mereka mendidik anak-anak. Jika memungkinkan, bergabunglah dengan komunitas pengasuhan untuk mendapatkan inspirasi yang lebih luas lagi. Dengan berkomunitas, anda mendapatkan ide-ide dan inspirasi dari orang tua lain. Jangan ragu untuk membuat variasi pada permainan yang Anda dapatkan. Misalnya, “Perjalanan ke Taman” bisa menjadi “Perjalanan ke Pantai”, atau “Perjalanan ke taman”. Pastikan bahwa Anda bermain dengan anak Anda dalam lingkungan yang aman dengan menggunakan bahan yang aman.

jadi untuk bunda yang mencari tempat terapi surabaya , tempat terapi anak , tempat terapi bicara , atau memiliki anak belum bisa bicara, speech delay, ganguan bicara , cerebral palsy , belum bisa berjalan , belum berdiri , ganguan tumbuh kembang , golden period sangat sayang kalau tidak di optimalkan.


sumber:
http://sayangianak.com/cara-mengoptimalkan-tumbuh-kembang-anak-saat-golden-period/
http://edukasi.kompas.com/read/2015/09/01/13424401/PAUD.untuk.Semua.Memaksimalkan.Golden.Age.Anak-Anak.Indonesia

uce, Loeziana . THE GOLDEN AGE : MASA EFEKTIF MERANCANG KUALITAS ANAK . file:///C:/Users/admin/Downloads/1322-2549-1-SM.pdf. [Akses tanggal 25 Januari 2018. 18:41 ]

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer