METODE YANG TEPAT UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN BERBAHASA PADA ANAK SPEECH DELAY


Selamat pagi menjelang siang bunda dan ayah :)
Sudah pada follow ig kami? @marvell.kids
Sudah subscribe youtube channel kami "terapi anak marvelkids"

Para orangtua yang memiliki buah hati yang mengalami keterlambatan bicara atau perkembangan bicaranya tidak sesuai dengan perkembangan pada anak seusianya tentu khawatir dan bingung langkah apa yang harus dilakukan untuk mengejar keterlambatan bicara pada si buah hati. Ini juga berdasarkan pengalaman kami sebagai terapis yang mendengarkan secara langsung keluh kesah para orang tua pasien saat awal datang ke rumah terapi kami untuk melakukan assessment. Tenang Bunda, kami akan sedikit mengulas mengenai metode apa yang tepat untuk mengembangkan kecakapan berbahasa pada si kecil yang mengalami speech delay J



Bahasa anak secara bertahap berkembang sesuai rangsangan yang diberikan oleh orangtua dan keluarga serta guru bagi yang sudah bersekolah, karena pada dasarnya yang mempengaruhi perkembangan anak adalah lingkungan. Perkembangan bahasa anak minimal seharusnya sesuai dengan milestone perkembangan bahasa berdasarkan usianya, yang sudah kami bahas di artikel sebelumnya.
Sedangkan untuk faktor-faktor yang mempengaruhi anak terlambat berbicara terdiri atas: kecerdasan, jenis disiplin orangtua, posisi urutan anak, anak kembar, status sosial ekonomi, ras, penggunaan bahasa kedua, gaya bicara/model yang ditiru, jenis kelamin, kesehatan, dan hubungan keluarga.
Konsep model yang kami ulas adalah dalam bentuk strategi / teknik untuk mengatasi keterlambatan berbicara anak umumnya meliputi:
-          Tidak mengikuti pola bicara anak  yang salah (keliru)
-          Melatih anak berbicara dengan benar, pelan dan berulang-ulang
-          Melibatkan anak berbicara pada setiap keadaan
-          Meluangkan waktu yang lebih lama bersama anak saat berada di rumah
-          Konsultasi mengenai perkembangan anak pada dokter dan psikolog anak
-          Terapi

Sering berbicara dengan anak akan sangat membantu. Melalui beberapa kegiatan yang mengajak anak bermain, ia akan dapat mengasah kemampuan berbahasanya. Coba lakukan ini di rumah, Bunda:

1.       Membaca Buku Cerita
Lewat buku cerita, anak-anak akan belajar pola berbahasa. Misalnya, bagaimana cara bertanya, meminta sesuatu, ataupun berterima kasih. Ibu bisa memilih buku cerita yang membahas tentang kehidupan sehari-hari dan membacanya bersama si Kecil.

2.       Ajak Bercermin
Anak batita paling suka melihat pantulan wajahnya sendiri di cermin. Ajak dia bercermin di cermin yang besar, lalu perkenalkan dia pada anggota tubuhnya sendiri. Mulai dari hidung, mata, leher, dan lain-lain. Lalu, tunjukkan juga anggota tubuh Ibu sambil berkata, "Hidung Ibu", "Mulut Ibu", dan lain-lain. Permainan ini mengajarkan si kecil kepedulian akan tubuhnya sekaligus bisa melihat perbedaannya dengan tubuh orang lain.

3.       AyoTunjukkan!
Ajak si kecil bermain bersama salah satu boneka favoritnya. Lalu buatlah cerita yang menarik tentang boneka dan si kecil. Misalnya, "Boneka Teddy sedang sedih, kemarin dia terjatuh karena terlalu senang melompat." Ketika Ibu menyebut kata melompat, gerak-gerakkan boneka itu seperti sedang melompat. Si kecil pun akan paham seperti apa melompat karena Ibu telah menunjukkannya.

Demikian ulasan kami mengenai metode metode yang tepat untuk mengembangkan kecakapan berbahasa pada anak speech delay. Namun dari berbagai teknik yang ada tidak akan berarti jika tidak terdapat dukungan yang utuh dan konsisten, terutama dari orangtua J



Sumber:
Khoiriyah, Anizar Ahmad, Dewi Fitriani. 2016. Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Bicara (Speech Delay). 1 (1):36-45.
http://nakita.grid.id/read/0210760/3-cara-baru-mengembangkan-kemampuan-berbahasa-?page=all
penulis : Widdaturrohmah S.Psi

Komentar

Postingan Populer