PENTINGNYA GROSS MOTOR SKILL BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK


Selamat pagi super parents :)
tetap semangat dan terus semangat :)  hari ini kami akan membahas aktivitas anak yang kadang membuat kita binggung, penasaran?? langsung saja yuk 

Pernahkah pembaca melihat anak yang sangat suka bergerak, suka berlari , melompat bahkan memanjat? Jika pernah , apa yang anda pikirkan? Anak nakal kah? Atau bahkan anak hiperaktif kah?.


Sebenarnya anak anda sedang mengasah gross motor skill.

Apa itu gross motor skill?? Adalah kemampuan motorik yang meliputi kemampuan menggerakkan mengoordinasikan otot-otot besar dalam tubuh. Kemampuan motorik kasar adalah pondasi awal terbentuknya skill yang lain, seperti motorik halus, perkembangan bahasa, keseimbangan, koordinasi dan lain-lainnya.

Banyak penelitian menyebutkan bahwa kemampuan motorik kasar mempengaruhi pada perkembangan kognitif. Salah satu diantaranya adalah perkembangan bahasa. Penelitian telah menunjukkan bahwa sebelum mengalami tahap perkembangan bahasa, biasanya ada perubahan gerak motorik. Contohnya adalah mengoceh, di mana bayi mengulangi suara yang sama berulang-ulang ("bababa"). Dalam beberapa minggu sebelum ocehan dimulai, bayi menunjukkan banyak gerakan lengan, seperti membenturkan, mengguncang, atau melambai. Yang menarik adalah bahwa setelah mereka mulai mengoceh, bayi berhenti melakukan gerakan tersebut.
Bagaimana bisa berhubungan? Mungkin para orangtua membiarkan bayi melihat apa yang terjadi dan melakukan suatu gerakan yang diulang-ulang, sehingga mereka terbiasa dengan suara dan perasaan tubuh mereka. Bayi belajar bahwa sesuatu yang mereka lakukan menyebabkan sesuatu terjadi.
Selain perkembangan bahasa, di usia lebih besar, Abdelkarim, et.al (2017) melakukan penelitian pada anak-anak  usia taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Ia menyebutkan bahwa anak-anak yang mengikuti ekstrakulikuler olahraga mengalami peningkatan fungsi eksekutif1, bahkan hingga peningkatan nilai matematika dan bahasa inggris.

Lalu apa aja tahapan yang harus dilalui oleh anak agar kemampuan motorik kasar berkembang optimal??
Berikut Tabel Tahap perkembangan Gross motor skill anak dari 0-24 bulan.

USIA
TAHAPAN GROSS MOTOR SKILL
-          3-4 Bulan
-          4 Bulan
-          6 Bulan
-          7 bulan
-          8-10 bulan
-          12 bulan
-          15 bulan
-          18 bulan
-          24 bulan
-          Angkat kepala
-          Berguling
-          Landau position
-          Duduk
-          Merangkak
-          Posisi berdiri
-          Berjalan mandiri dengan baik
-          Berlari tetapi masih belum stabil
-          Berdiri dan berlari dengan baik


Jika anak anda suka bergerak, maka bersyukurlah. Hal itu menandakan anak anda sedang mengembangkan kemampuan motorik kasarnya.
Tetapi, orang tua juga harus mengerti mana anak yang sedang mengembangkan motorik kasarnya, atau ada hal lain yang menyertai nya.

Jika orang parents
, jangan segan menghubungi Marvel Kid's untuk mengonsultasikan tumbuh kembang anak anda ya parents. :)




(Note) fungsi eksekutif adalah fungsi yang komplek bagaimana seseorang menyusun mengorganisasikan dan melaksanakan hingga menyelesaikan sebuah tugas.



artikel by:
Nur Aini Amd.Ft
Soffil Yudha Mulyadi SST.Ft, M.Kes

Komentar

Postingan Populer