Rekomendasi Tempat Terapi Anak Berkebutuhan Khusus Di Surabaya



Anak yang memiliki kebutuhan khusus, secara fisik tentunya sangat terlihat perbedaannya dengan anak normal pada umumnya. Anak-anak tersebut mengalami perbedaan atau gangguan dalam masa tumbuh kembangnya. Khasus tersebut memang dibutuhkan yang namanya kesadaran baik dari dalam yaitu orang tua dan keluarga terdekatnya, maupun dari luar yaitu lingkungan disekitarnya. Saat ini, fasilitas umum yang tersedia di Indonesia bisa dikatakan belum ramah kaum difabel. Baik itu di kreta api, bus, apalagi dalam lingkungan pendidikan.

Lalu apa yang harus dilakukan para orang tua agar Anak-anak mereka yang memiliki kebutuhan khusus bisa tumbuh dan berkembang fugsional seperti anak-anak pada umumnya?

Salah satu solusinya adalah memasukkan anak ketempat terapi. Saat ini sudah ada tempat terapi anak berkebutuhan khusus di Surabaya, gresik dan tulungagung yang melayani rehabilitasi anak dengan gangguan tumbuh kembang. Namanya adalah ABK Center Surabaya dengan unit pelayanan marvel kid’s.

Kami dari ABK Center Surabaya sudah banyak membetuk anak menjadi lebih fungtional dan mampu ajar disekolah. Lalu apa saja rehabilitasi yang dilakukan?


Macam-macam. Biasanya kita akan melakukan assessment atau pemeriksaan terlebih dahulu. Karena jenis-jenis anak berkebutuhan khusus beda-beda. Dan untuk menanganinya juga dengan terapi yang berbeda-beda. Salah satunya dengan terapi bermain atau Play Terapi. Dimana terapi ini dilakukan dalam ruang khusus, dimana sang anak dibebaskan untuk bermain dan memilih permainan yang ia sukai. Yang membuatnya nyaman dan bebas eksplore kreativitas. Eduterapi yang dilakukan oleh psikologi khusus untuk menangani kasus anak, dimana anak akan mendapatkan materi komunikasi dan bentuk bentuk komunikasi yang disampaikan sesuai dengan karakter anak. Fisioterapi juga memegang peran penting dalam stimulasi senoris, motorik, dan reflex pada anak, yang di nantinya akan meningkatkan focus, konsesntrasi dan kognitif anak berkebutuhan khusus.


lihat youtube nya yukk https://youtu.be/jJ0w-zpinDc

Namun yang paling penting disini nantinya orang tua bisa mengamati, dan menggali informasi tentang bagaimana problem anak, perkembangan anak, dan progam anak yang diterapkan maupun yang akan dilaksanakan dirumah. Terapis sangat terbuka dan enak di ajak shareing. Kami siap melayani terapi anak berkebutuhan khusus di Surabaya, gresik dan tulungagung dilokasi maupun home visite ke rumah murid.


join us, be marvelous!!
salam dari marvelkid's :)

Komentar

Postingan Populer