Bagaimana cara Menangani Anak Berkebutuhan Khusus?

hallo parents maaf baru update artikel, semoga pandemik COVID 19 tidak menyurutkan keinginan kita semua untuk terus belajar, oh iya marvelkids mengadakan online class untuk umum, praktisi dan mahasiswa. selengkapnya hubungi WA 081333833903 (kak ardita), yuk langsung kita bahas artikel pada hari ini :)

Sikap dan perilaku anak tentunya berbeda-beda. Hal tersebut adalah alasan dimana para orang tua juga biasanya cenderung berbeda-beda dalam menangani anak-anaknya. Namun bagaimana menangani anak berkebutuhan khusus? Tentu cara menangani anak berkebutuhan khusus juga berbeda dari menangani anak normal pada umumnya. Anda sebagai orang tua bisa dikatakan harus memberikan perhatian lebih pada anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Mungkin beberapa orang tua masih bingung bagaimana cara menangani anak yang memiliki kebutuhan khusus sejak kecil. Berikut kami berikan tips nya untuk anda.

1.      Orang Tua Harus Lebih Terbuka Dari Segi Pemikiran
Apapun jenis kebutuhan khusus yang dialami sang anak, orang tua harus membuka pikirannya lebar-lebar. Sikap terbuka para bunda dan ayah dalam menangani anak berkebutuhan khusus bisa dimulai dari menerima kondisi sang anak secara utuh. Sikap menerima inilah yang akan membawa para orang tua kepada pemikiran-pemikiran positive seputar cara-cara yang harus dilakukan pada sang anak. Yakinkan terlebih dahulu bahwa anak berkebutuhan khusus, bukanlah aib yang harus ditutupi.




2.      Melakukan Pengawasan Sedini Mungkin
Para orang tua harus tau, anak-anak dengan kebutuhan khusus akan lebih memerlukan pengawasan yang lebih dibanding anak normal pada umumnya. Pengawasan ini harus dimulai sedini mungkin. Hal tersebut dilakukan agar orang tua lebih tau tumbuh kembang sang anak, dan lebih was-was ketika terjadi pertumbuhan mental dan fisik yang terhenti cukup lama. 

3.      Berikan Perhatian Dan Motivasi
Anak yang berkebutuhan khusus cenderung akan lebih mendengar perkataan orang-orang terdekatnya. Dan orang tua harus memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan perhatian lebih dan juga motivasi pada sang anak. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang sang anak. Walau mungkin dibutuhkan kesabaran yang ekstra untuk melakukan hal tersebut.

masih terkendala menangani anak berkebutuhan khusus? langsung saja ke marvelkids :) kami tunggu ya :)

Komentar

Postingan Populer