AUTIS ATAU AUTISME

Selamat pagi pembaca... kali ini kami membahas tentang autisme atau autis, yang ingin tau silahkan di baca.. semoga bermanfaat :) 

Apa sih autis atau autisme itu???
 


Autisme adalah gangguan perkembangan pervasif pada anak yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial.
Kata autisma berasal dari bahasa Yunani “auto” berarti sendiri yang ditujukan pada seseorang yang menunjukkan gejala “hidup dalam dunianya sendiri”. Pada umumnya penyandang autisma mengacuhkan/tidak merespon/tidak bereaksi terhadap rangsangan suara, penglihatan, maupun sensoris yang lain. Anak tidak akan bereakis terhadapat kejadian yang melibatkan mereka. Apabila ada reaksi biasanya reaksi ini tidak sesuai dengan situasi (stereotip / membingungkan) atau malahan tidak ada reaksi sama sekali. Mereka menghindari / tidak menyukai / tidak berespon terhadap kontak sosial seperti pandangan mata, sentuhan kasih sayang, pelukan, bermain dengan anak lain dan sebagainya.

Penyebab autisme belum diketahui secara pasti. Beberapa ahli menyebutkan autisme disebabkan karena terdapat gangguan biokimia, ahli lain berpendapat bahwa autisme disebabkan oleh gangguan psikiatri/jiwa. Beberapa ahli berpendapat bahwa autisme disebabkan oleh karena kombinasi makanan yang salah atau lingkungan yang terkontaminasi zat-zat beracun yang mengakibatkan kerusakan pada usus besar yang mengakibatkan masalah dalam tingkah laku dan fisik termasuk autisme.

Walaupun paparan logam berat (air raksa) terjadi pada setiap anak, namun hanya sebagian kecil saja yang mengalami gejala autism. Hal ini mungkin berkaitan dengan teori genetik, salah satunya berkaitan dengan teori Metalotionin. Beberapa penelitian anak autism tampaknya didapatkan ditemukan adanya gangguan metabolisme metalotionin. Metalotionon adalah merupakan sistem yang utama yang dimiliki oleh tubuh dalam mendetoksifikasi air raksa, timbal dan logam berat lainnya. Setiap logam berat memiliki afinitas yang berbeda terhada metalotionin. Berdasarkan afinitas tersebut air raksa memiliki afinitas yang paling kuat dengan terhadap metalotianin dibandingkan logam berat lainnya seperti tembaga, perak atau zinc.

Untuk mendeteksi kondisi autism sangat sulit karena tidak terlihat pada permasalahan fisiknya, yang nampak pada anak dengan Autisme adalah permasalahan emosional psikologisnya.

by : nawangsasi takarini

Komentar

Postingan Populer