MENGATASI GERAKAN TUTUP MULUT (GTM) PADA ANAK AGAR MAU MAKAN LAGI

 

Hai parents semua J selamat datang diartikel kami yang terbaru, kangen deh rasanya menyapa semua parents… yes kali ini kami meyuguhkan artikel yang tak kalah asiknya nih yaitu tentang GTM.. apa itu?? Lansgung saja yaa.. yuk mari..

Bukan sedikit para orang tua yang mengeluhkan kesukaran anaknya untuk menerima makanan, untuk membuka mulutnya, atau hanya untuk sekedar mencicipi rasa makanan. Apakah penyebabnya? Dan Bagaimanakah cara penanganannya?




            Sebelum kita telaah lebih lanjut pada penyebab, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu Gerakan Tutup Mulut (GTM). GTM adalah kondisi dimana anak menolak untuk makan apapun yang disajikan. Tentu saja hal ini cukup membuat Parents kebingungan. Menurut penelitian hal ini terjadi pada sekitar 1-2% bayi, yang mengakibatkan masalah yang cukup serius yaitu kurang gizi. Selain itu, Oral Function pada anak akan mengalami penurunan fungsi yang merupakan salah satu dari penyebab Speech Delay.

            Lalu apakah penyebab GTM pada anak? Berikut adalah beberapa penyebab GTM yang sering ditemukan:

1.      Sudjatmoko (2011) dalam penelitiannya menyebutkan terdapat 25% - 40% bayi dan balita mengalami masalah makan, masalah ini dihubungkan dengan perilaku makan yang disamakan dengan kebiasaan orangtua. Orangtua yang kesulitan saat memberikan MPASI yang benar mengakibatkan anak menjadi sulit menerima beragam jenis makanan yang dihidangkan.

2.      Penyebab GTM yang lain adalah komposisi yang diberikan atau dikenalkan pada bayi tidak adekuat, tekstur yang tidak sesuai dan cara pemberian MPASI yang tidak tepat. Salah satu kesalahan dalam praktik pemberian MPASI adalah diberikan pada usia anak yang terlalu dini (<6bulan). Penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Anak Royal di Melbourne, dimana pemberian MPASI sebelum usia 6 bulan dan tekstur MPASI yang tidak sesuai usia, menyebabkan gagal tumbuh anak.

3.      Selain itu, faktor psikososial juga menjadi penyebab yaitu dengan pemaksaan saat memberikan makan, menggunakan jam tidur anak untuk makan, pemahaman pengasuhan yang tidak benar.

Jadi bagaimana cara untuk mengatasinya? Dari sekian banyak info dan referensi kami menyimpulkan ada 5 inti cara untuk mengatasinya. Apa saja??

 

1.      Cari tahu penyebab anak tidak mau makan

Kadang kala sebagai orang tua kita kurang peka dengan kesahatan anak, GTM bisa jadi merupakan tanda bahwa anak sedang kurang enak badan! Atau anak bisa sedikit trauma karena menengksplor rasa yang dia tidak suka sebelumnya, misal pedas

 

2.      Buat jadwal makan yang sesuai

Selain untuk mendisiplinkan anak, jadwal makan juga membantu penyerapan teratur pada lambung. Sehingga, anak akan merasa lapar, tepat di jam makan yang telah di arahkan

 

3.      Ajari anak untuk merasa lapar

Terkadang anak melakukan GTM karena dia terlalu kenyang, coba ditanyakn lagi 10-15 menit setelahnya, apakah dia lapar. Mengajari rasa lapar dan kenyang, merupakan hal yang baik untuk perkembangannya.

 

4.      Hindari makanan Instan atau junkfood

Junkfood kadang kala memiliki rasa yang terlalu kuat, dan menimbulkan sensasi yang baru untuk anak. Sehingga biasanya anak akan cenderung melakukan GTM pada makanan yang menurutnya memiliki rasa yang tidak kuat

 

5.      Hindari penggunaan Youtube dan Televisi

Bantuan melalui media gadget, tidak akan membuat anak berkonsentrasi untuk melalukan gerakan mengunyah dan telan. Sehingga, fase penting yang harus dilakukan tubuh tidak bekerja sempurna.

 

 

 

 

Daftar Pustaka

Chatoor, I. 2009, No Sensory Food Aversion in Infant and Toodlesr, Zero to Three, Washinton DC.

Souza, F.I.S. de, Ortiz, T.T.O., Silva, S.G.L. da, Caetano, M.C. & Sarni, R.O.S. 2010, ‘Complementaryfeeding: inappropriate practices in infants’, Jornal de Pediatria, vol. 0, no. 0, pp. 196–201.

Sudjatmoko 2011, ‘Masalah Makan pada Anak’, Journal of Medicine, vol. 10, no. 1, pp. 36–41.

Komentar

Postingan Populer